Implementasi Pendekatan Kontekstual dengan Teknik Know-Want-Learned (KWL) dalam Penumbuhan Literasi Baca-Tulis Mahasiswa

  • Ni Kadek Juliantari
Keywords: Pendekatan kontekstual, Know-Want-Learned (KWL), Literasi Baca-Tulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian pendekatan kontekstual dengan Teknik Know-Want-Learned (KWL) dalam penumbuhan literasi baca tulis mahasiswa. Mahasiswa yang dijadikan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Agama Hindu yang mengambil MKWU Bahasa Indonesia berjumlah 33 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes, selanjutnya dianalisis secara deksriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah memiliki kemampuan literasi baca-tulis yang memadai dengan dukungan pendekatan kontekstual dengan teknik KWL dalam kegiatan pembelajaran. Dengan bukti-bukti sebagai berikut. Sejumlah 8 orang (24,24%) mahasiswa memiliki kemampuan literasi baca-tulis dengan kategori sangat baik, 20 orang (60,61%) dengan kategori baik, dan 5 orang (15,15%) dengan kategori cukup.

References

Amri dan Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Conner, Jennifer. 2006. “Instructional Reading Strategy: KWL (Know, Want to Know, Learned)”(online). http://www.indiana.edu/~l517/KWL.html. Diakses 1 Desember 2008
Departemen Pendidikan RI. 2003. Sistem Pendidikan Nasional, UU No 20. Jakarta: Depdiknas.

Jumadi. 2003. Model Pembelajaran Kontekstual. Artikel (online). Diunduh 1 Oktober 2012.

Padmadewi, Ni Nyoman. 2005. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Rideng dkk. 2001. “PenelitianTindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan”. Makalah Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Bedah Buku Biosis. Musyawarah Pendidik Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP Kabupaten Karangasem. SLTP Negeri 5 Amlapura 10 Mei 2001.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Satandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Suryanti, dkk. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2021-07-01
How to Cite
Juliantari, N. K. (2021). Implementasi Pendekatan Kontekstual dengan Teknik Know-Want-Learned (KWL) dalam Penumbuhan Literasi Baca-Tulis Mahasiswa. LAMPUHYANG, 12(2), 53-69. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.272
Section
Articles